topbella

Minggu, 04 Februari 2018

KATAK UNIK ANEH

Tidak sedikit dari kita yang kadang merasa jijik dengan binatang yang satu ini. namun, tahukah anda jika banyak juga jenis dari katak ini yang mempunyai keindahan dan keunikan tersendiri yang bisa membuat kita terpesona?

Katak merupakan hewan amfibi yang sudah hidup di Bumi selama kira-kira 190 juta tahun lamanya. Hewan ini dikenal sebagai spesies yang mampu beradaptasi dengan baik. Ngga heran kalo hewan ini bisa kamu jumpai di semua benua kecuali Antartika. Namun ada beberapa jenis katak yang berada diambang kepunahan. Faktor hilangnya habitat dan serangan penyakit menjadi ancaman bagi keberadaan hewan ini.

Ada 4.800 spesies katak dan lebih dari 5.000 spesies kodok di bumi ini. Namun sebelumnya jarang orang yang tidak bisa membedakan antara katak dan kodok, karena mereka adalah dua spesies amfibi yang berbeda. Katak umumnya berkulit halus, lembap, dengan kaki belakang (Tungkai belakang) yang panjang berguna untuk melompat. Sebaliknya kodok umumnya berkulit kasar/berbintil-bintil seperti bisul, biasanya kulitnya kering, dan kaki belakangnya biasanya pendek meskipun beberapa jenis memiliki kaki yang panjang, sehingga kebanyakan kurang pandai melompat jauh.

Berikut beberapa Contoh Katak yang Unik dan Aneh:

1. katak beracun


Katak jenis ini dapat menyemburkan racun dari kulit dan dapat berakibat fatal bagi predatornya

2. Katak Vietnam
5 Besar Katak Unik Dunia
Theloderma corticale, atau katak berlumut Vietnam, adalah spesies katak dalam keluarga Rhacophoridae. Katak ini ditemukan di Vietnam dan mungkin Cina. Habitat alamnya subtropis atau hutan dataran rendah tropis yang lembab, hidup dalam air tawar, dan daerah berbatu. Nama umum dari katak berlumut timbul dari kenyataan bahwa kulit yang berbintik-bintik hijau dan hitam yang menyerupai lumut tumbuh di batu, dan bentuk yang efektif kamuflase atau penyamaran.

3. Katak terbesar di Dunia


Katak Goliath adalah spesies katak terbesar yang tersisa di Bumi. Katak ini dapat tumbuh hingga 13 inci (33 cm) panjang dari moncong hingga ekor, dan bobot hingga 3 kg. Katak ini memiliki kisaran habitat yang relatif kecil, terutama di Afrika Barat (dekat negara Gabon). Katak Goliath dapat hidup sampai 15 tahun. Katak goliath memakan kalajengking, serangga dan katak kecil. Katak ini memiliki pendengaran tajam tetapi tidak punya kantung vokal.


4. Katak terkecil di Dunia

Jika ada Katak terbesar di dunia, Maka Katak terkecil di dunia juga ada
Microhyla nepenthicola adalah spesies katak yang ditemukan di Kalimantan. Ini adalah katak terkecil di dunia. Katak jantan dewasa dari spesies ini memiliki panjang 10,6-12,8 mm, sedangkan kecebong (berudu) berukuran hanya 3 mm. Ini adalah salah satu dari 30 spesies dalam genus Microhyla.

5. Katak Transparan 
(Sumber: wordpress.com)
Hyalinobatrachium pellucidum, juga disebut sebagai katak kaca atau kristal karena sobat dapat melihat melalui dagingnya yang transparan. Jenis ini tidak baru, tapi yang pasti terancam punah, sehingga Temuan ini menggembirakan bagi lingkungan

6. Malaysia Horned Frog ( Megophrys nasuta )
Tubuh katak ini menyerupai daun besar untuk kamuflse dengan lingkungan sekitar.


 katak ini keliahatan jauh lebih menyeramkan dari katak biasa. Katak ini sepertinya hidup di habitat yang keras karena katak bulu adalah satu dari sedikit katak yang memiliki cakar yang unik. Cakar mereka tidak terbuat dari keratin, melainkan terusan langsung dari tulang mereka yang mencuat keluar dari keempat kakinya. Ini tentu saja alat perlindungan diri yang jauh lebih sakti ketimbang cakar biasa, apalagi karena cakar mereka terbungkus lapisan pelindung yang hanya dikeluarkan ketika dibutuhkan seperti kucing.

Anda patut merasa lega karena selain dalam mimpi buruk Anda, katak ini tidak ditemukan di tempat lain kecuali di pedalaman Afrika tengah.

8 Morogoro Tree Toad (Katak Pohon Morogoro)
(Sumber: wordpress.com)\
 Katak Pohon Morogoro yang memiliki nama latin Nectophrynoides viviparus memiliki kelenjar besar di bagian dekat mata dan keempat kakinya. Uniknya kelenjar yang dimiliki katak pohon yang satu ini dapat berubah warna dari oranye, abu-abu, hijau, merah, hingga putih.

9. Katak Badut (Atelopus varius)
Atelopus varius adalah katak yang sering ditemukan pada batu atau di celah-celah di sepanjang sungai di dataran rendah lembap dan hutan pegunungan. 

Katak Atelopus yang dikenal dengan banyak nama seperti katak badut atau Kosta Rika Variable Harlequin Toad. Katak, tersebut adalah jenis katak neo-tropis yang dulunya hidup cukup luas tersebar di seluruh Kosta Rika dan Panama. Spesies ini terancam kritis dan sekarang hanya tinggal sedikit terutama tersisa hanya di Panama. 

10.Katak Bantal
Katak bantal dapat tumbuh hingga enam inci panjang dan mendiami Uruguay, Brasil, dan Argentina utara. Walaupun mungkin terlihat seperti bantalan diam, namun katak itu cepat dalam menyerang kadal, tikus kecil, burung, katak lain.

11. Katak Pohon Mata Merah (Agalychnis callidryas) 
Katak ini mampu mengembangkan matanya menjadi warna merah untuk mengejutkan predatornya.

12. Splash-back Poison Fog (Ranitomeya variabilis)

Katak beracun ini merupakan salah satu spesies berukuran kecil yang masuk dalam kelompok katak panah beracun. Katak ini tinggal di area atas sungai Huallaga di Peru.

 

0 komentar:

Posting Komentar

Rekor Dunia Yang Paling Unik

Dari dulu, manusia sering bersaingan demi jadi yang juara antar sesamanya. mungkin itu demi mewujudkan atau menjalankan suatu. Sering-kal...

About Me

 
Unik dan Aneh© DiseƱado por: Compartidisimo